04 Maret 2008
PEMBELAJARAN
Yang membedakan antara kurikulum 2006/BSNP/berbasis kompetensi (KBK) dengan kurikulum sebelumnya adalah adanya partisipasi masyarakat dan pemerintah daerah di dalam menjabarkan materi kurikulum yang bersifat nasional melalui silabus dan KTSP, serta penilaian hasil belajar dari seluruh (3) aspek belajar yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik.KKM (kompetensi Ketuntasan Minimal) walaupun menjadi otoritas Guru di sekolah, namun pada akhirnya juga harus memenuhi SKL (Standar Kompetensi Lulusan) BSNP/Pusat.
Di dalam kurikulum ini (KBK), silabus adalah isi kompetensi dan elaborasi (uraian dan rincian) materi pelajaran, pembelajaran dan penilaian serta pengalokasian waktu yang disusun sesuai dengan (jenjang perkembangan siswa) pada semester dan kelas masing.
MEMENUHI STD ISI MEMENUHI STD KELULUSAN
--->
Permen 22 STANDAR PROSES permendiknas 23
STANDAR SAR-PRAS
STANDAR PENILAIAN
STANDAR BIAYA
STANDAR PELAYANAN
STANDAR SDM
STANDAR PENGELOLAAN ....
...............(permendiknas no. 24 tahun 2006)........................
PEMBELAJARAN ADALAH SUATU SISTEM YANG DI DALAMNYA
TERDAPAT KOMPONEN-KOMPONEN SUB-SISTEM SEPERTI GURU, SISWA,
PESAN, BAHAN, ALAT, TEKNIK, MANAJAMEN PENGELOLAAN KELAS DAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG KESEMUANYA BERPERAN SEBAGAI "INSTRUMENTAL INPUT". SETIAP KOMPONEN HARUS
BERINTERAKSI SATU DENGAN YANG LAIN UNTUK MENDUKUNG PROSES PEMBELAJARAN SEHINGGA MAMPU MENCAPAI TUJUAN PEMBELAJARAN.
SUATU PEMBELAJARAN HARUS DIRANCANG TERLEBIH DAHULU (ADA BLUE PRINT), SEHINGGA DALAM PRAKTIKNYA SAMA SEPERTI SEBUAH BANGUNAN HARUS DIRANCANG TERLEBIH DAHULU SEBELUM DIBANGUN. Untuk itu diperlukan DESAIN PEMBELAJARAN.
DISAIN PEMBELAJARAN ADALAH PROSES SISTEMATIK DALAM MERANCANG PERISTIWA PEMBELAJARAN (INSTRUCTIONAL EVENTS) SEDEMIKIAN RUPA SEHINGGA
KOMPONEN- KOMPONEN (SUB-SISTEM) PEMBELAJARAN DI ATAS SALING BERINTERAKSI,UNTUK MENCAPAI TUJUAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN EFISIEN
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar